Friday, March 13, 2009

Paksa Prefetcher Bekerja

Sejak Windows XP, tersedia sebuah fitur bernama Prefetcher. Prefetcher melakukan optimasi lokasi file yang digunakan untuk boot dengan menggunakan Disk Defragmenter. Fitur ini juga diakomodasi hingga Windows Vista.


Meski fitur ini sangat berguna, pengerjaannya tidak selalu dilakukan tiap hari. Prefetcher hanya bekerja setelah beberapa kali boot dan hanya bekerja saat komputer tidak digunakan. Untuk mengetahui kapan terakhir kali Prefetcher bekerja, Anda dapat melihatnya dengan membuka Registry Editor dan masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE- SOFTWARE-Microsoft-Windows NT-CurrentVersion-Prefetcher, lalu lihat isi key LastDiskLayoutTimeString.


Kondisi di atas bisa menjadi masalah jika Anda adalah tipe orang yang tidak sabaran. Seperti telah dijelaskan di atas, Prefetcher hanya bekerja saat komputer dibiarkan menganggur. Kenyataannya, tidak semua pengguna cukup sabar menunggu booting selesai apalagi membiarkan Windows menganggur saat dinyalakan. Kebanyakan, begitu taskbar terlihat, tombol Start langsung ditekan, dan komputer langsung digunakan. Kalau kondisinya seperti itu, sama saja Anda tidak memberikan kesempatan Prefetcher untuk bekerja.


Solusinya, gunakan trik berikut untuk memaksa Prefetcher bekerja:
1. Klik tombol Start, ketik cmd pada kotak pencarian dan tekan [Enter].
2. Setelah jendela command prompt terbuka, ketik Rundll32.exe advapi32.dll, ProcessIdleTasks dan tekan [Enter]. Komputer Anda akan segera menjalankan tugas yang telah Anda amanatkan.

Tips: Sebelum defragmenter selesai menegerjakan tugasnya, sebaiknya Anda jangan menjalankan aplikasi yang berat agar komputer tidak terasa lambat.

Sumber: PCplus

No comments:

Post a Comment